Rabu, 17 Juni 2020

CIKGU TERE, BLOGGER INSPIRATIF

Belajar Menulis Gelombang 12
 
Pertemuan ke 8 : Rabu, 17 Juni 2020
Waktu         : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri    : THERESIA SRI RAHAYU, S.Pd.SD 
Topik          : KISAH BLOGGER INSPIRATIF 
Oleh            : AAM NURHASANAH, S.Pd. 


Malam Rabu, 17 Juni 2020 adalah pertemuan ke 8 di WAG Belajar Menulis bersama Omjay. Narasumber kali ini adalah Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD, Kelahiran Kuningan, 13 september 1984 ini telah mengukir segudang prestasi. Cikgu Tere, begitulah nama blognya. salah satu peserta grup menulis WAG gelombang 4 yang telah sukses menerbitkan buku di Penerbit Mayor dan dianugerahi predikat Blogger Inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI. Masih ingatkah artikel yang saya buat tentang Cikgu Tere? https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2020/06/cekgu-tere.html Inilah narasumber yang saya jadikan bahan tulisan di blog dan sempat mengundang banyak pengunjung. Senangnya kala itu jadi banyak tamu. 

Malam ini Cikgu Tere berbagi kisah pengalaman dalam membuat resume yang baik. Sama seperti halnya peserta baru, Cikgu Tere pun mengalami kesulitan saat pertama kali membuat resume. Lalu Cikgu Tere belajar dengan membaca beberapa tulisan resume orang lain bahkan sempat mengikuti passion menulisnya. Namun ide-ide tak mengalir begitu lancar. Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Omjay untuk melakukan blog walking, Cikgu pun mulai menemukan style sendiri dlm menulis resume. Dari situlah akhirnya merasa lebih percaya diri saat menulis resume. 

Beberapa resume Cikgu Tere mendapat hadiah atau penghargaan yaitu : 

1. Resume tercepat : 
https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1 

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1 

4. Mendapat penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan menerbitkan buku BELAJAR SEMUDAH KLIK di Penerbit Andi Yogyakarta.

Menurut Cikgu Tere, motivasi menulis sangatlah penting. Bagi Cikgu Tere motivasi itu ada banyak tapi yang terpenting ada dua motivasi yang ia tanamkan  yaitu motivasi berbagi(sharing) dan motivasi prestasi.  Inilah yang ingin Cikgu Tere tularkan kepada semua peserta kelas menulis Omjay. Dengan motivasi akan meningkatkan semangat menulis kita setiap hari. "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi" (Omjay). 

Cikgu Tere adalah  orang yang sudah  merasakan hebatnya manfaat menulis setiap hari. Keajaiban hebat itu datang ketika ia dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami utk menulis buku dlm waktu seminggu. ia termasuk satu dr sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.

 

Tips menulis resume ala Cikgu Tere : 
1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat. 
2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 
3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal copas materi dr chat) 
4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dgn kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bhw sejak kecil sy suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat sy bs menulis buku dan buku sy dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca
memahami struktur tulisan. 
6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dr orang lain / blogger yg lain. 
- Menentukan judul resume yg wow 
  Baca artikel berikut : https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1
- Mencari referensi terkait topik 
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita. 
-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari informasi terkait narasumber yg akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dlm memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan mnjdi lbh baik drpd peresume yg lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)
8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text. 
9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Kesimpulan
Menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.


Wah, menarik sekali bukan, materi yang disampaikan Cikgu Tere tentang resume yang baik. Semoga dengan kita menulis setiap hari, akan mengantarkan kita menjadi penulis buku yang handal seperti Cikgu Tere. Aminn.. 




35 komentar:

  1. mantap dan lengkap resumenya buAam

    BalasHapus
  2. Bu aam sudah hebat.... Melebihi peserta lain... Cemburu saya lihat semangat bu aam... Jgn lupa ya..berkunjung..

    BalasHapus
  3. Mantap, Bu. Trm ksh utk resumenya. Smg yg sedikit dr yg sy bagikan, dpt bermanfaat. Amin.

    BalasHapus
  4. hebat bu Aam tulisannya..mampir jg ketempatku ya ..http://iniblogqu20.blogspot.com/2020/06/trik-menulis-resume-ala-bu-tere.html

    BalasHapus
  5. Nah, itulah materi yang amat menarik dari Ibu Tere.Kita ulang kalimat Om Jay, “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi,” dipertegas oleh Bu Tere, “Menulislah setiap hari dan buktikanlah sendiri. Menulis bisa dimulai dengan menulis resume dengan baik dan sepenuh hati setiap hari.” Tunggu apa lagi, yuk segera ikuti jejak beliau dengan cara menulis untuk dua motivasi. Yakni untuk berbagi dan untuk berprestasi.

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...