Selasa, 16 Juni 2020

HEBATNYA MENJAGA KONSISTENSI MENULIS OMJAY



Hari ini tepat pukul 9 Pagi, Omjay melakukan siaran langsung yang ke 5 via Instagram (IG). Berikut adalah link IG nya 
https://www.instagram.com/tv/CBfZ1v1FmmT/?igshid=1uli202tgzpqw  
Masih dengan peci putih yang khas di kepala, menandakan seorang muslim sejati. Video kali ini Omjay buat dengan durasi 7 menit 54 detik. Omjay memberikan beberapa pelajaran penting tentang "MENJAGA KONSISTENSI DALAM MENULIS". 

Bagaimana cara menjaga konsistensi tulisan kita???
1.  Harus banyak membaca. Budayakan membaca setiap hari karena membaca merupakan  santapan wajib bagi seorang penulis. Dengan membaca, kita akan kaya dan tidak akan kehilangan kata-kata karena kata-kata yang kita baca akan tersimpan dalam Long Time Memory. 
2. Berkumpul dengan komunitas menulis untuk menjaga konsistensi menulis setiap hari. Dengan berkumpul denhan komunitas menulis, Anda akan punya kekuatan kebersamaan, kekuatan saling melengkapi satu sama lain melalui tulisan. Misalnya saja kasus Bu Eni dan Cak Inin yang menularkan virus untuk membuat puisi. Membuat saya dan mayor nani selalu berbalas puisi di blog. Wah kebersamaan ini sangat hangat sekali. Seperti punya keluarga baru di kelas menulis Omjay. 
3. Saat Blog Walking(BW), pastikan Anda melihat, membaca, serta memberikan buah tangan. Hal ini yang kurang disadari oleh penulis pemula. Padahal, dengan memberikan komentar, itu juga akan meningkatkan konsistensi menulis kita, dan melatih keterampilan mengomentari tulisan orang lain. Misalkan dengan memberikan komentar yang positif dan memotivasi.  Saya suka memberikan komentar, joss(ikutan Omjay), mantul, mancap(mantap), tulisannya sangat padat dan berisi. Kadang di akhir tulisan saya menulis, salam literasi. Begitulah cara saya memotivasi teman-teman dikomentar blog. Dengan begitu Anda akan menjadi seorang penulis sekaligus seorang blogger. 

Poin yang paling penting yang disampaikan Omjay adalah tentang Kesulitan saat menulis. Solusinya sebenarnya mudah. Konsistensilah dalam menulis setiap hari. Karena dengan menulis setiap hari akan mengasah keterampilan menulis Anda. Kesulitan terbesar adalah  melawan rasa malas diri sendiri. Karena tidak ada yang sulit jika Anda mau memulai. Tulislah apa yang Anda sukai dan kuasai. Jangan menunggu ide datang baru menulis. Tapi segeralah menulis, maka ide itu akan datang (Budiman Hakim). 

Kesulitan yang Omjay bahas, pernah saya alami. Bagaimana sulitnya melawan diri sendiri untuk mulai menulis. Bagaimana menunda tulisan saat masuk grup menulis di gelombang 8. Bagaimana sulitnya membuat resume yang baik karena kurangnya latihan menulis. Dengan ini saya menjadi tertantang untuk mengatasi semua kesulitan saya dalam menulis. Bagaimana blog saya menjadi ramai pengunjung sangat membuat rasa bangga dalam diri. Mungkin dari konsistensi menulis dan karena semangat dari teman-teman grup menulis gelombang 8, semamangat menulis bersama bunda Kanjeng,  menulis buku antologi kisah inspiratif dan grup menulis  gelombang 12 inilah yang akan mengantarkan  saya  ke Penerbit Mayor seperti halnya yang dialami Cikgu Tere dan Pak Brian. 

Terimakasih Omjay atas ilmunyaa.. Sangat bangga bisa jadi salah satu peserta kelas menulis PGRI Omjay dan satu kelas dengan orang-orang hebat.  Saya akan buktikan bahwa suatu saat nanti saya pasti bisa menerbitkan buku. Aminnn... 

35 komentar:

  1. Balasan
    1. Bu Aam mantap, kiat meningkatkan konsistensi menulis kita.

      Hapus
    2. Siap saling melengkapi dan menyemangati.. Yuks menulis setiap hari dan buktikan apa yg terjadi

      Hapus
  2. Siap Om Jay, I follow your step
    .

    BalasHapus
  3. Inspirasi terus nih...🤗🤗

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Berkat semua orang termasuk Cak Inin. Sangat memotivasi untuk terus menulis

      Hapus
  5. https://www.instagram.com/tv/CBfZ1v1FmmT/?igshid=1uli202tgzpqw

    BalasHapus
  6. Mantab bu aam...semangat trus dlm menulis

    BalasHapus
  7. Mantab bu aam...semangat trus dlm menulis

    BalasHapus
  8. Mantap bu..smoga selalu konsisten menulis

    BalasHapus
  9. wah... hebat ibu... saya ngiri deh dengan ibu, selalu "on"

    BalasHapus
  10. Wah bu aam selalu semangat dan selalu punya ide menulis. Jadi ketularan semangatnya bu aam, semoga ketularan ga kehabisan ide juga. Sukses terus bu aam.

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...