Kamis, 11 Juni 2020

LUCUNYA CAK ININ jadi CAKININ


Cak Inin, begitulah nama blognya. Aku mengenal beliau saat satu grup di kelas menulis online gelombang 8. Cak Inin memiliki nama lengkap Mukminin. Tapi nama blognya lebih terkenal dari pada nama aslinya. 
Grup gelmbang 8 diberikan tantangan menulis antologi kisah inspiratif yang akan dibukukan. Beruntung bisa satu kelas dengan orang hebat seperti Cak Inin. Yuks kita simak profilnya berikut ini. 


Masih ingatkah narasumber Bu Emi tempo lalu? Ternyata Bu Emi adalah murid dari Cak Inin. Hebat bukan? Cak Inin telah melahirkan seorang penulis hebat yang menerbitkan hampir 400 buku. Cak Inin sampai berguru ke Bu Emi agar bisa sukses menjadi penulis handal. Beberapa karya buku dan antologi puisi. Cak Inin juga sudah terbit. Sering sekali Cak Inin mengirimkan puisinya di grup.
ini adalah judul antologi puisi yang sebentar lagi terbit. Judulnya Goresan Pena. 

Aku  sedikit penasaran, cak itu apa sih pak? Lalu Cak Inin bercerita kepadaku, Cak itu panggilan di jombang, Surabaya, Mojokerto, untuk memanggil Mas ( cak) makanya org Jombang terkenal EMHA AINUN NAJIB panggilannya (Cak Nun) ketua PKB NAAIONAL namanya MUHAIMIN YAHYA panggilannya  (Cak Imin). 
Kalau turunan Kiayai panggilannya Gus. Gus Dur, Gus Sholeh dsb. Tapi juga untuk panggilan saudara tua suami mbak yu (dipanggil Gus juga). Wah, dapat ilmu baru nih. Pantesan Bu Norita memberi tahu bahwa penulisan Cak harus di pisah. Ditulis Cak Inin, bukan Cakinin. 

Sangat beruntung bisa satu kelas dengan orang-orang hebat termasuk Cak Inin. Beliau selalu menyemangati kami semua untuk terus menulis. Semoga suatu saat nanti, aku bisa menerbitkan buku seperti beliau. Amin.




23 komentar:

  1. Amin...gel 12 belum berkenalan dengan pak caknin...

    BalasHapus
  2. Keren bu. Inspirasi dari mana saja.

    BalasHapus
  3. Sy bingung dg membaca Cakinin 😊🙏 biasanya Cak Inin...jadi beda dg biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya salah tulis yah bu nora? mkch konfirmasinya

      Hapus
    2. Ngapunten sy bertanya bu...biasanya kan kalau nulis Cak itu ada spasinya. Atau mungkin Cakinin pengen penulisan yang beda 🙏🙏

      Hapus
    3. Sudah di edit ya bu norita. Makasi ilmunya loh

      Hapus
  4. Terima kasih ibu Aam Nurhasanah. Aku baru Bu hp. Luar biasa goresan pena Bu Aam Nurchasanah sukses sll

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Sama bu ismi.. Ternyata cak itu artinya mas. Heheheh

      Hapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...