Kamis, 25 Juni 2020

TRIK JITU MEMBANGUN PERSONAL BRANDING


Senin, 22 Juni 2020 adalah Pertemuan ke 10 di kelas belajar menulis bareng Omjay. Malam ini terasa sangat berbeda sekali. Pertama, karena saya tertinggal kelas. Kedua, saya harus ngebut menulis 2 narasumber sekaligus. Suatu tantangan tersendiri supaya bisa selesai membuat resume. Narasumbernya adalah Bapak Agus Sampurno. Bapak Agus Sampurno berkarya sebagai guru sejak tahun 2000 di Global Jaya International School Jakarta selama 10 tahun. Kemudian menjadi Kepala Sekolah di  Ananda Islamic School Jakarta pada tahun 2015. Beliau adalah alumni ISI Yogyakarta. Tahun 2009 menerima anugerah "Blog Pendidikan Terbaik" dari Detik.com.
 

Di awal pertemuan, Pak Agus menyajikan sebuah kuis untuk diisi oleh semua peserta. Berikut link nya www.joinmyquiz.com dengan ID 7109353. Semua peserta mengalami gangguan jaringan di awal. Lalu lambat laun sinyal pun membaik dan peserta bisa mengisi kuis dengan baik. Saya simak melalui WAG, bahwa bu Lilis mendapat peringkat 1. Hebat sekali bu Lilis ini. Saya jadi penasaran akan sosok yang satu ini sangat konsisten dalam menulis di blog. 

Kegiatan kedua, Pak Agus memberikan tantangan menulis 3 alinea dengan judul yang berbeda-beda. Semua di awali dengan angka 3. Berikut judulnya:
  • 3 Cara Guru Tetap Optimis di masa New Normal
  • 3 Salah Paham Guru Mengenai Kegiatan Penelitian 
  • 3 Cara Mudah Guru Memberikan Contoh Kedisiplinan 
  • 3 Resep Konsistensi dalam Menulis
  • 3 Hal Menarik dari Kegiatan Belajar Menulis 
Atau pesera bisa menulis judul sendiri dengan awalan kata:
  • Resep sukses
  • Cara mudah
  • Tips
  • Manfaat
Para peserta seakan diajak berlari dan berlomba dalam menulis. Yang sudah menulis di blog lalu dikirim ke bu fatimah sebagai moderator. Karena grup dikunci supaya diskusi jadi tersusun rapi. Seru sekali bukan. Dalam beberapa menit, satu persatu tulisan peserta sudah jadi dan sangat bagus sekali. 

Kegiatan penutup, Pak Agus memberikan selamat kepada semua peserta karena berhasil membuat tulisan dalam waktu yang sangat singkat. 

Dalam menulis, aspek judul mesti diutamakan. Judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran. Judul juga bisa membuat Anda menjadi Personal Branding.
Personal Branding adalah aspek diri Anda yang dikenal karena hal yang menjadi fokus Anda. Anda tidak perlu ahli yang penting Anda NGOTOT belajar hal yang Anda sukai. Bagilah hasil belajar Anda dengan orang lain. Maka akan bermanfaat sekali ilmu yang Anda berikan.

8 komentar:

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...