Rabu, 27 Januari 2021

7 TEKNIK MEMBUAT RESUME JADI BUKU

Sumber: www.pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com

Malam ini adalah pertemuan ke 10 di kelas belajar menulis gelombang 17. Untuk pertama kali, secara resmi saya diundang Omjay untuk mengisi kelas sebagai Narasumber. Sempat minder karena merasa ilmu yang dimiliki hanya sebatas seujung kuku, namun mencoba memberanikan diri untuk bisa berbagi. 

Pertama-tama Om Bams menyapa peserta dan mengirimkan link blog berupa isi profil saya. Berikut linknya.

Sebelum saya memulai materi, sedikit flash back bahwa saya mengenal Om Bams saat pertama kali gabung di kelas belajar menulis gelombang 8. Saat itu kami satu kelas. Om Bams menjadi ketua kelas dan bertugas membagikan link daftar hadir, link blog, dan bertugas sebagai moderator. 

Saat di gelombang 8, karena berbagai kesibukan, akhirnya saya tidak fokus dan ditinggalkan Om Bams, Bu Nora, Cak Mukminin, dan temam-teman lainnya.  Saya lalu memutuskan kembali untuk ikut di gelombang 12. Akhirnya saya lulus dan bisa menerbitkan buku resume yang berjudul "Mengukir mimpi jadi penulis hebat." 

Dahulu yang awalnya cuma mimpi, sedikit demi sedikit berbuah manis. Niat dan tekad yang kuat mengantarkan saya menjadi seorang penulis yang lahir di masa pandemi. Sudah ada 8 karya buku setelah mengikuti kelas belajar menulis. 

Saya membagikan PPT untuk peserta dan meminta peserta untuk meluangkan waktu untuk membaca. Isi PPT nya berjudul 7 Teknik Membuat Resume Jadi Buku. 

1. Mengumpulkam resume dalam file word
2. Menentukan tema 
3. Membuat TOC(TABLE OF CONTENT)
4. Mengembangkan TOC
5. Review, revisi, sunting naskah
6. Lengkapi sinopsis buku
7. Kirim ke penerbit. 

Kesalahan dari para penulis pemula dalam membuat resume adalah mengcopy secara utuh materi yang disampaikan narasumber. Dengan adanya pertemuan malam ini, diharapkan peserta bisa meringkas semua materi dengan cara mengambil inti sari materi atau point-point penting yang menjadi garis besar ide tulisan. 

Salah satu cara untuk memodifikasi tulisan yaitu dengan menambahkan sentuhan pengalaman pribadi (true story) pada resume yang dibuat agar tulisan semakin hidup dan semakin menarik saat dibaca. 

Kegiatan malam ini ditutup dengan challange undian resume link blog, yang diundi pukul 08.00 WIB tadi pagi. Ada 16 peserta yang ikut dan Pak Maifil Andrean yang menjadi pemenangnya. 

Sumber: Dokumentasi penulis. 



"Menulislah agar hidupmu bermakna, 
Menulislah agar hidupmu berwarna,
Menulislah hari ini agar kau dikenal esok hari."

Salam blogger inspiratif
Aam  Nurhasanah, S.Pd. 
SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS

#Day25JanAISEIWritingChallange












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...