Rangkuman Bimtek Supervisi Mutu Kepala Sekolah
15-17 Maret 2021
Dokumentasi Supervisi |
Ibu Elly Sukaesih adalah nama fasilitator Bimtek supervisi mutu kepala sekolah yang diselenggarakan LPMP Banten 2021.
Ibu Elly sangat ceria, sangat sabar, ketika menyampaikan materi bimtek. Sangat senang meskipun bimtek dimulai sejak 15-17 Maret 2021 dari pukul 08.00-15.00 WIB. Seru sekali tidak merasa jenuh sama sekali.
LPMP mengharapkan semua kepala sekolah melakukan kegiatan supervisi guru pada minggu pertama bulan Arpil sebelum tanggal 10.
Saya mencatat beberapa point penting selama materi berlangsung sebagai berikut.
Target supervisi tahun 2021
1. Bagi kepala sekolah memahami tugas kepala sekolah, mengimplementasikan SPMI di sekolah, memahami bagaimana melakukan supervisi akademik berbasis PKG, memahami bagaimana melaporkan proses dan hasil melalui aplikasi e supervisi
2. Bagi pengawas adalah memiliki kemampuan supervisi manajerial akademik berbasis penilaian kinerja kepala sekolah.
Ruang lingkup/ aspek supervisi mutu adalah pemahaman standar/indikator serta keterlaksanaan SPMI, keterlaksanaan PMP pada manajemen sekolah, keterlaksanaan PMP pada proses pembelajaran, dan dampak PMP bagi peningkatan kompetensi lulusan/ siswa.
Pembangunan budaya mutu merupakan salah satu indikator pada aspek pemahaman standar/ indikator serta keterlaksanaan SMPI.
Salah satu kegiatan supervisi tahun 2021 bagi kepala sekolah adalah mensupervisi minimal 2 guru@ 2 tahap, mengikuti bimtek supervisi mutu, menginput data guru di sekolah, melaporkan hasil supervisi melalui aplikasi.
Studi dokumen dan observasi pembelajaran daring/luring merupakan kegiatan yang dilakukan pada langkah supervisi pelaksanaan.
Unsur-unsur instrumen supervisi akademik oleh kepsek berupa instrumen administrasi, RPP, pembelajaran dan penilaian
Metode pengumpulan data dari instrumen pelaksanaan penilaian administrasi guru adalah studi dokumen.
Metode pengumpulan data pada proses pembelajaran guru adalah dengan melakukan observasi.
Alasan munculnya Metode Analisis Akar Masalah dan Solusi (MAAMS) adalah faktual dan konseptual.
Terdapat 3 kegiatan untuk memperdalam suatu masalah yaitu gejala, masalah, dan penyebab.
Alur yang tepat untuk menemukan kesesuaian masalah dan solusi yaitu masalah terdekat solusi darurat, masalah menengah solusi tanggung, akar masalah solusi dasar.
Akar masalah dapat dicari secara individual vs sistematik.
Konsep pendukung metode MAAMS yaitu sumber kebenaran, pendekatan terhadap masalah, kejujuran.
Hasil Post test alhamdulillah membaik. |
Siip gercep mantaap
BalasHapusMakasih Ambu.. Selalu memukau.
HapusRajiiiin sampai begadang, mantap
BalasHapus