Sabtu, 27 Juni 2020

INTAN RAHMADANI KUSUMAH, S.Hum



Sabtu, 27 Juni 2020 tepat pukul 06.09 pagi, Omjay mengirimkan kabar gembira bahwa anak sulungnya sudah lulus ujian skripsi secara daring. Rasa bangga mempunyai anak yang sangat berprestasi adalah dambaan setiap orang tua. Begitu pun Omjay, yang memiliki putri cantik bernama Intan Rahmadani Kusumah, yang sudah syah menyandang gelar pendidikan Sarjana Humaniora.


Intan memang sangat berprestasi. Ibarat buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya, begitulah saya melihatnya. Dalam usia muda, Intan sudah berani keluar negeri tanpa dibiayai dan didampingi orangtuanya. Bahasa Inggris yang dikuasainya sudah cukup menjadi bekal keliling dunia. 

Omjay lalu bercerita saat Intan masih kecil mengalami sakit panas tinggi dan terkena step. Omjau kelabakan mencari dokter kesana kemari. Akhirnya ketemu juga. Tapi Intan harus di rawat di RS Hermina Bekasi.
Kalau saat itu penanganan tidak cepat, Intan mungkin sudah di panggil Allah SWT. 

Lalu Omjay melanjutkan ceritanya, bahwa kelahiran Intan juga sangat unik. Intan lahir prematur. Dokter bilang, Istrinya akan melahirkan bulan depan. Namun Intan muncul lebih awal. Omjay tak sempat menemani meyaksikan kelahiran putri pertamanya karena saat itu sedang ada di acara Pesantren Ramadhan  Jakarta. Omjay di telepon ayahnya bahwa Intan sudah lahir ke dunia.  Omjay lalu meminta izin ke pimpinan untuk pulang ke Bandung. Diperjalanan sempat pusing memikirkan nama yang cocok untuk anak pertamanya yang lahir tanggal 26 Desember 1998. Lalu ayahnya memberi saran lewat telepon untuk memberi nama INTAN RAHMADANI KUSUMAH. Omjay langsung menyetujui karena memang Intan lahir di saat bulan suci Ramadhan. Sampai di RS, Omjay melihat seorang bayi mungil di inkubator. Wajahnya cantik persis dengan mamahnya. Seulas senyum terpancar dari wajah Omjay. Menandakan rasa haru yang tiada tara karena sukses mendapat gelar seorang ayah. 

Sekarang, Intan sudah besar dan semakin dewasa. Dari SD sampai Perguruan Tinggi, semuanya di negeri. Hanya TK saja yang swasta. Saat pulang dari Umroh bersama istri, ada kabar gembira bahwa foto yang dikirimkan Intan ke detik travel menang lomba di Bali. Intan mendapat hadiah belajar singkat di Negeri Sakura Jepang. Tentu Omjay sangat senang mendengarnya. Satu persatu doa Omjay di tanah suci terkabul. Intan berangkat ke luar negeri dari tempat neneknya di Bandung. Saat pulang barulah Omjay sendiri yang menjemputnya di Bandara Soekarno Hatta. 

Sempat ngobrol sedikit tentang negara Jepang. Tahun 2006, Omjay pernah study ke sana. Intan bercerita ingin mengajak mamah berkunjung ke negeri sakura, sebuah negara yang maju dengan karakter bangsanya yang disiplin dan sangat menghargai waktu. 

Sepulang dari Jepang, Intan lalu ke Korea Selatan kemudian ke Singapura dan Malaysia mewakili anak-anak muda Indonesia berbagi pengalaman menjadi KONTEN KREATOR. Lagi-lagi Omjay dibuat bangga dengan prestasi Intan yang sangat gemilang.  Sekarang, Intan sudah lulus dan mendapat nilai A dan siap di wisuda dari Jurusan Sastra Inggris UIN Bandung. 

Omjay berdoa semoga cita-cita Intan untuk kuliah S2 di Korea Selatan bisa tercapai. Omjay titip pesan pada Intan, Jangan pernah tinggalkan sholat 5 Waktu. Karena Sholat itu tiang agama dan pedoman hidup. Terus berkarya di dunia, namun jangan sampai  lupakan akhirat. Hiduplah sekarang seakan engkau mati besok. 


Sangat terharu menyaksikan perjalanan panjang Intan beserta Omjay. Sangat bangga sekali punya anak yang berprestasi. Anak yang hebat, lahir dari seorang ayah yang hebat pula. Doa dari kami semua, Semoga ilmunya bermanfaat buat Intan. Dan semoga kita semua kelak bisa mengukir sejarah seperti Omjay dan Intan. Bersinergi dan berkarya, untuk Indonesia. 



54 komentar:

  1. Wah selamat .. semoga ilmunya berguna.. sukses terusss..

    BalasHapus
  2. Aamiin..slmat om jay untuk putri tercinta..

    BalasHapus
  3. Luar biasa, anak yg Sholihah dan menjadi kebanggaan org tua

    BalasHapus
  4. Luar biasa...bs jd contoh...jd inspirasi buat kita & org lain...sipp

    BalasHapus
  5. Aamiin yarobbalalamiin..selamat dan sukses tuk putri OmJay...
    Mantul Bu tulisannya...

    BalasHapus
  6. Sangat menginspirasi, selamat buat Om Jay dan Nanda Intan

    BalasHapus
  7. Selamat dan sukses selalu OmJay dan Putri, kisahnya sangat menginspirasi kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Motivasi menulis saya selalu muncul saat Omjay memberikan tulisan, foto, atau video.

      Hapus
  8. Mantap resumenya bu,selamat atas prestasi Intan,danselamat berahagia untuk Omjai sekeluarga.

    BalasHapus
  9. Resumenya bagus tentang sosok Ayah dan Anak yang inspiratif. Salam literasi

    BalasHapus
  10. Hasil didikan dari orang tua yang luar biasa. Selamat om jay..punya anak berprestasi.

    BalasHapus
  11. Subhaanalloh... Luar biasa... Barokallohu fiikum Oom Jay n family...

    BalasHapus
  12. wah..tulisannya hebat..update sll bu aam..kerenn abis..

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah...
    Semoga saya ketularan seperti Om Jay, aamiin...

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah...
    Semoga saya ketularan seperti Om Jay, aamiin...

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah
    Selamat ya Omjay juga mbk Intan... bahagiakan dirimu dan kelg.mu

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah...semoga putri omjay..senantiasa sukses dunia wal akhiroh..

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, sangat menginspirasi. semoga Putri Om Jay, sukses dan penuh berkah, aamiin.

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...