Minggu, 21 Juni 2020

MENGENAL RAGAM TULISAN NONFIKSI



Kuliah Whatsapp (Kulwap) malam ini sedikit terasa berbeda. Mengapa? Karena malam ini tak seperti biasanya ada di rumah. Saya sedang ada di Pondok Pesantren Mathla ul Hidayah Cipanas, tempat saya mengajar. Seharian ini harus ada di pondok untuk mempersiapkan acara perpisahan (Haflah) kelas XII angkatan ke X. Sekaligus perayaan ulang tahun pondok yang ke 15 tahun. Cukup kokoh pondok tercinta, berkiprah di dunia pendidikan Basic Islamic Boarding School sejak tahun 2005 silam. Jadi malam ini harus mengikuti materi kulwap di sela-sela rutinitas kegiatan pondok yang begitu padat. 


Narasumber kali ini tepat hari Jumat, 19 Juni 2020 pukul 19.00 WIB adalah Siska Distiana. Seorang ibu kelahiran Klaten, 12 Desember 1985. Memiliki dua putri cantik dan  bekerja sebagai Content Writer sekaligus Frelance Editor. Wah keren sekali aktifitas ibu ini. Pasti sudah ratusan bahkan ribuan kalimat yang sudah beliau edit sampai buku tersebut layak untuk diterbitkan. Benar-benar mimpi rasanya kalau seandainya nanti naskah tulisan buku saya mampir di tangan editor handal seperti Ibu Siska Distiana. Ngayal dikit boleh ya. Hihihihi.. Lanjut..

Ibu Siska mengawali salam hebat untuk semua guru-guru hebat melalui  "Voice Note". Sangat lembut suaranya. Menyapa kami semua, peserta Kulwap Belajar Menulis Omjay, dalam dunia maya. Bu Siska mengucapkan rasa terimakasih pada Omjay karena sudah diundang dan  diberikan kesempatan berbagi pengalaman tentang Ragam Tulisan Nonfiksi. Sebelum memasuki materi tersebut, Bu Siska membuka materi dengan memberikan sabda rosulullah:

"Qoyyidul ilma bil- Kitabi" artinya ikatlah ilmu dengan tulisan. 

Berkaca dari  sabda tersebut, kita harus tahu alasan "Mengapa kita harus menulis?" Bu Siska melanjutkan masih dengan voice note dan sedikit gambar. 


3 alasan penting mengapa kita harus menulis. 
  • Knowledge management (pengelolaan pengetahuan).
  • Copyright milesdtone (jejak langkah/ pengalaman yang kita alami).
  • Paten(legalitas) mematenkan ucapan lewat tulisan. 
Bu Siska melanjutkan mengirimkan gambar lalu diselingi voice note. 

Menurut KBBI, Nonfiksi adalah tidak berdasarkan fiksi, atau berdasarkan fakta dan kenyataan.  

 5 Ragam Tulisan Nonfiksi ala bu Siska

1.Berita
Pernahkah Anda mendengar istilah berita? Berita adalah peristiwa yang bersifat aktual dan faktual (hangat dan benar-benar terjadi). Teknik penulisan berita dibagi Hard News dan future. 

Berikut contoh penulisan berita. 

2. Esai
Bu Siska memberikan contoh esai kutipan adegan film India yang berkisah tentang seorang anak kecil yang mempunyai penyakit keterbelakangan mental. Orangtuanya sangat membandingkan anak pertamanya yang berprestasi, dan selalu mencap adiknya anak yang nakal, pembuat onar, bahkan selalu mencaci maki bahkan menampar. Sungguh miris bukan. Orangtua yang egois. Tidak memperhatikan psikologis anaknya. Sampai di suatu waktu ada seorang guru yang memperhatikan anak itu dan merubahnya menjadi juara sampul  gambar tiap tahun di sekolahnya. 

3. Catatan perjalanan

4. Artikel menarik


5. Best practice
Sungguh menarik ragam tulisan nonfiksi yang disampaikan bu Siska. Semoga kelak, saya bisa menerbitkan artikel hebat seperti punya bu Siska. Aminn

8 komentar:

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...