Kamis, 13 Agustus 2020

KIAT MENJADI ENTERPRENEUR

 [12/8 19.13] Om Jay: Assalamualaikum ,salam sejahtera Bapak  ibu guru hebat dari Aceh hingga Papua. Malam ini kita belajar  dan berbagi dengan seorang narasumber  hebat salah satu teamnya Omjay yang super duper beliau adalah Ibu Dra Betti R, M.M.

[12/8 19.13] Om Jay: Bapak Ibu hebat tema malam ini keren loh, yuk segera kita simak perkenalan  dan paparannya .

[12/8 19.13] Om Jay: Langsung  saja silakan Bu Betti sepenuhnya  1 jam bersama Bu Betti dan 1 jam lagi untuk  sesi tanya jawabm

[12/8 19.20] Om Jay: Assalamualaikum wr wb bapak ibu. Saya berbagi cerita saja.

[12/8 19.20] Om Jay: Sebenar jiwa enterpreuner saya itu sudah ada dari kecil tapi ya kadang kadang saya pribadi tidak mau disebut tukang dagang . Apa karena tukang dagang itu kurang sekeren guru sepertinya.

[12/8 19.25] Om Jay: Kebetulan dari kecil ibu saya suka buat buat kue. tapi saya yang suka memasukan atau menawarkan ke toko toko untuk dititipkan. Dulu saya keci di cempaka putih jakarta. Jadi kue ibu saya saya titipkan di toko toko pasar cempaka putih. Berlanjut waktu pindah ke bekasi, kue ibu saya, saya titipkan di toko toko di bekasi. Termasuk di koperasi sekolah saya. di SMA 1 bekasi.

[12/8 19.25] Om Jay: Karena jaga gengsi juga, karena saya aktif disekolah, makanya saya datang sebelum teman saya datang. Jadi ga ada yang tau bahwa kue di koperasi itu kue saya. Jaga image .

[12/8 19.25] Om Jay: Berlanjut sampai kuliah, ibu saya punya catering, dan beberapa kantor dan pabrik langganan kita.

[12/8 19.38] Om Jay: Singkat cerita saya suka lah. Tapi setelah saya menikah, usaha catering keluarga saya ditutup. Karena kata ibu saya cukuplah berusaha di catering karena capek. Jadi lah saya tidak pernah menengok lagi ke usaha makanan tersebut..Setelah saya lulus kuliah, saya mulailah dengan mengajar di sekolah punya orang lain. Jadi saya hanya sebagai guru.

[12/8 19.38] Om Jay: Kemudian pada tahun 1996, saya mulai buat kursus. Ya disinilah saya mulai lagi menjadi seorang enterpreneur. Menjadi seorang pengelola pusat kursus. Kebetulan saya mempunyai 24 pusat kursus di bekasi.

[12/8 19.38] Om Jay: Masyaallah 24 menjamur dan full manfaat pastinya

[12/8 19.38] Om Jay: Mengelola manajemen bgm Bu?

[12/8 19.38] Om Jay: alhamdulillah

[12/8 19.38] Om Jay: Lanjut tahun 2003 saya mulai merintis mengelola sekolah TK dan SD Insan Kamil. Kebetulan punya sendiri dan berada di Bantar Gebang Bekasi. Selagi mengelola sekolah itu, saya masih aktif bekerja sama dengan Mal  di bekasi. Metropolitan Mall. Saya dari tahun 1996 sd 2007 mengadakan lomba di mal. Free saya pakai mal bahwa untuk hadiah suka dibantu oleh tenan tenan mal.

[12/8 19.38] Om Jay: Saya bekerja sama dengan orang yg mau membuat pusat kursus. Saya melatih guru gurunya, kemudian mereka wajib memakai buku saya..

[12/8 19.38] Om Jay: Terobosan yg hebat.

[12/8 19.38] Om Jay: Jadi dari kegiatan pusat kursus dan lomba itu timbul bisnis baru yaitu jualan piala.

[12/8 19.38] Om Jay: Bisa lanjut awal mula merambah dan mengelola TK dan SD Insan Kamil bgm Bu?

[12/8 19.38] Om Jay: Karena lomba di mal itu lebih ke entertaint ya. Membuat anak anak senang. Orang tua juga senang. Jadi dana dana untuk piala dan makan sudah kita masukan ke pendaftaran. Saya kerjasama lagi dengan makanan siap saji. Disitu dapat keuntungan lagi.

[12/8 19.38] Om Jay: sebenarnya cerita ini sudah pernah saya ceritakan di group om jay ini juga. tp gpp saya ceritakan sedikit.

[12/8 19.38] Om Jay: Di group ini belum Bu, 🤭

[12/8 19.38] Om Jay: Dulu dari salah satu cabang yg 24 itu, ada yg ingin sekali buat TK. tapi cuma ingin. Kebetulan saya sudah punya yayasan nya tapi belum berani buat TK. Karena saya berpikir masih takut, ga punya modal dll.

[12/8 19.42] Om Jay: Akhirnya saya bekerja sama dengan salah satu pengelola pusat kursus itu. Kita mulai dengan mengontrak sebuah rumah. Saya yg buat buku materi buat TK tersebut. Dari mengenal tarik garis, mengenal angka, mengenal huruf dsb..Dan tidak terlupakan, Aritmatika adalah unggulannya selain hafalan surat pendek.

[12/8 19.43] Om Jay: Tapi mengelola sekolah itu tidak seperti jualan batik, seperti usaha teman saya itu sebelumnya. Banyak ruginya katanya. Ya memang kalau berhitung untung rugi ya harus mikir mikir buat sekolah.

[12/8 19.43] Om Jay: Ini benar2 best practice Bu. Bisa dilanjut Bu ilmunya bisa dibagikan di group ini spy semakin berkah ya

[12/8 19.43] Om Jay: Jadi teman saya itu hanya bertahan 3 bulan..

[12/8 19.45] Om Jay: Ini bener bener best practise saya bu waktu saya lomba kepala sekolah berprestasi, yang membuat saya jadi juara 1 di kota bekasi dan hanya urutan harapan di provinsi jawa barat

[12/8 19.46] Om Jay: Jadi saya jual buku di pusat pusat kursus untuk membantu operasional sekolah . Alhamdulillah tahun 2009 saya sudah dapat bos, jadi untuk SD sudah sangat terbantu untuk operasionalnya.

[12/8 19.46] Om Jay: Ibu bisa ceritakan juga pengalaman ibu mengikuti lomba tersebut.  Supaya peserta belajar  malam ini terinspirasi dan termotivasi

[12/8 19.50] Om Jay: Kalau cerita tentang mengikuti lomba , saya mulai dari lomba kecamatan..Jadi setiap sekolah diwajibkan ikut lomba. Dari lomba kecamatan itu saya juara 1. Kemudian dilanjut tingkat kota, dan alhamdulillah dari 12 kecamatan itu, saya juara 1 juga.

[12/8 19.50] Om Jay: Jadi di lomba tersebut ada test nya..seperti test tertulis, psikotest, tes bahasa inggris, presentasi dari best practice kita masing masing.

[12/8 19.50] Om Jay: Selain itu kita juga mengumpulkan seperti borang gitulah..Biodata, sertifikat, kegiatan dan hasil karya.

[12/8 19.51] Om Jay: kebetulan waktu tahun itu saya sudah menulis buku tentang aritmatika itu..buku A, B, C , 1 , 2 sd 27. buku itu saja sudah 30 buku.

[12/8 19.56] Om Jay: Masih ada waktu 10 menit untuk menyampaikan apa yang ingin Bu Betti sampaikan kepada peserta malam ini.

[12/8 19.56] Om Jay: yah lumayan lah buat penilaian..Buku itu nilainya tinggi..Kalau saya dulu menulis buku karena butuh duitnya..

[12/8 19.56] Om Jay: Nah sekarang sekolah sudah berjalan baik. Jadi saya sudah tidak perlu mandorin lagi. Semua sudah berjalan. Sekarang saya mulai tertarik lagi dengan kuliner

[12/8 19.56] Om Jay: Yang ingin bertanya silakan pertanyaan ditransfer ke WA saya  089692593804 yang nantinya saya sampaikan ke group 15

[12/8 19.56] Om Jay: Saya juga mulai mematenkan merk lewat HaKI, mulai meng " halal " kan produk dan mulai meng " pirt " kan produk.

[12/8 19.56] Om Jay: Saya ikutlah pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan itu. Sekarang selain saya punya sertifikasi pendidik, saya juga sudah punya sertifikat sertifikasi wirausaha.

[12/8 19.59] Om Jay: Dan sekarang saya juga menjadi UMKM binaan Dinas Koperasi Bekasi

[12/8 19.59] Om Jay: Bisa dibagi ilmunya langkah untuk mendapat hak paten juga mendaftarkan. Sebagai.produk halal?

[12/8 19.59] Om Jay: oh ya hari ini Ultah ke 5 UMKM lho. Kalau besok baru ultahnya saya. wk wkw

[12/8 20.02] Om Jay: Untuk paten kan merk itu, kita lewat Dinas Koperasi..Kebetulan memang kita harus punya dulu ijin domisili usaha. itu bisa diurus ke RT, RW, kelurahan.

[12/8 20.02] Om Jay: Sepertinya sekarang dipermudah ya

[12/8 20.02] Om Jay: Barakallah fii umrik Bu.Betti Agustus  ya

[12/8 20.02] Om Jay: Taraaa waktunya tanya jawab.

[12/8 20.02] Om Jay: ya bu besok. Karena besok saya ada acara " halal " jadi murid saya dah merayakannya kemarin dan tadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...