Senin, 10 Agustus 2020

TIPS MENULIS ALA CLBK(COBA, LAKUKAN, BUDAYAKAN dan KONSISTEN)









Nama lengkap saya *Yulius Roma Patandean, S.Pd.* Mengajar Bahasa Inggris di UPT SMAN 5 Tana Toraja, sejak tahun 2015 hingga sekarang. Para siswa dan rekan-rekan guru akrab menyapa saya pak Roma. Mungkin karena mudah diingat, mengingat banyaknya istilah Roma.... dari peribahasa hingga ke merk makanan...😁

Bapak/Ibu Guru calon penulis hebat......


Selain sebagai guru, sering pula saya diundang untuk menjadi juri pada Lomba-lomba Debat bahasa Inggris tingkat SMA dan Lomba Story Telling tingkat SMP di Kabupaten Tana Toraja. Pernah menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, sebagai Tutor di Universitas Terbuka dan sebagai Fasilitator Belajar di Yayasan Trampil Indonesia.

[10/8 19.20] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Saat ini saya diberi tugas tambahan di organisasi tercinta kita, PGRI, sebagai Wakil Sekretaris PGRI Kabupaten Tana Toraja dan Sekretaris Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Tana Toraja.

[10/8 19.20] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Selanjutnya, saya akan bercerita perihal saya bisa menerbitkan buku di penerbit mayor.

[10/8 19.21] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Alkisah 😁, saya diberi amanat oleh PGRI Kab. Tana Toraja untuk mengikuti Rakornas Virtual PGRI. Di kegiatan ini, saya mengenal guru blogger hebat kita, bapak Wijaya Kusumah yang keren dipanggil Omjay. Saat itu saya mengenalnya lewat undangan pelatihan Belajar Menulis lewat Grup WA. Saya pun mendaftar dan tergabung di grup 8 dan grup 9.

[10/8 19.25] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Pada satu kesempatan, pemateri pelatihan adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Topik materinya adalah menulis dalam satu minggu. Saya pun sempat bertanya ke beliau, dan diberi tantangan malam itu dari Prof Eko, "Apakah pak Yulius mau menulis bersama saya?"

[10/8 19.27] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Proses menulisnya persis seperti yang telah disampaikan oleh ibu Tere.

[10/8 19.30] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Saya ikut bangga dengan karya  Bapak yg sdh berkolaborasi dengan prof Eko

[10/8 19.30] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Ketika telah diumumkan oleh Penerbit ANDI bahwa naskah yang saya tulis lolos untuk diterbitkan, saya menangis dan saya hubungi Prof. Eko lewat pesan di WA, "Terima kasih prof. Jujur sy menangis prof, Terima kasih bimbingannya. Seorang anak kampung, ternyata bisa nulis buku."


D

[10/8 19.34] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Istilah CLBK telah menjadi populer di era milenial ini. Terutama di kalangan kawula muda. Dalam afmofsir asmara, Cinta Lama Bersemi Kembali tentunya sah-sah saja. Selama kedua sejoli menikmati proses dan tujuannya.

[10/8 19.34] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Sementara dalam kegiatan menulis yang telah menjadi warna baru hari-hari hidup saya, CLBK saya panjangkan menjadi sebuah ajakan sekaligus perintah untuk diri saya, yakni: COBA, LAKUKAN, BUDAYAKAN dan KONSISTEN. Frase ini sederhana, namun sangat mengikat saya. Kalau Omjay mengatakan *"Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi"*, maka saya pasang alarm untuk diri saya, *"Tuailah hasil selama masih sanggup CLBK."*

[10/8 19.35] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: COBA


Tak ada satu pun usaha yang berhasil jika tidak mencobanya lebih dahulu. Setiap tawaran pekerjaan dan amanah yang diberikan ke saya, saya jarang menolaknya selama ada kaintannya dengan dunia mengajar. Sama halnya dengan menulis, memulainya kadang susah, terutama dalam membangun ide lalu mencurahkannya kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang akan melatih kita memproduksi untaian kata-kata yang menghasilkan kalimat bermakna.

[10/8 19.39] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: LAKUKAN


Ketika kita sudah mencoba, telah menemukan rasa dan keunikan tulisan kita, maka harus terus dilakukan agar ide kita tidak mengendap seiring berlalunya waktu. Jika ada kendala, dan kita berhenti menulis saat itu, maka saat itu juga semangat menulis kita berhenti. Jadi saya paksa diri saya untuk menulis, hingga kini. Menulis apa saja, intinya harus ada sesuatu yang tersimpan di draft tulisan blog saya atau tersimpan di laptop.

[10/8 19.39] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: BUDAYAKAN


Menulis harus menjadi budaya kita. Menjadi bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Jadi, budayakan menulis, sehingga menjadi panggilan beraktifitas setiap hari.

[10/8 19.43] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: Saya menutupnya dengan mengatakan: *Menulis adalah proses kehadiran kita untuk membawa kabar baik tentang ilmu kehidupan*. Apa pun yang kita tulis pastinya ada hubungannya dengan proses hidup kita. 


Sekian dari saya. Terima kasih.

[10/8 19.43] Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd: KONSISTEN


Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam menulis adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yakni menghasilkan sebuah karya tulisan yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang. Bagaimana cara saya konsisten? Memaksa menulis setiap hari, minimal menulis tugas untuk siswa di blog atau upload gambar. Selain itu, saya aktif membeli buku secara online. Jika saya kesulitan mengembangkan ide, maka saya cari bukunya di OLSHOP. 


Jadi, jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...