Selasa, 11 Agustus 2020

INOVASI PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN



MEMBANGUN INDONESIA MELALUI DUNIA PENDIDIKAN DENGAN PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menegaskan bagi kalangan pendidik yang saat ini masih memberikan pelajaran secara daring harus memperhatikan pedoman belajar di rumah (BDR) berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR) dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.


Surat edaran tersebut berlandaskan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, yang bertujuan memastikan pemenuhan hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk covid-19, mencegah penyebaran dan penularan covid-19 di satuan pendidikan serta memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, siswa, dan orang tua/wali. Metode pelaksanaan BDR meliputi pembelajaran jarak jauh atau PJJ dalam jaringan (daring), menggunakan gawai maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring.


Suatu tuntutan sekaligus tantangan baru untuk semua guru di seluruh tanah air, bagaimana mencari cara pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan. Lalu aplikasi online seperti Zoom, Ruang Guru, Google Classroom, Whatsapp grup, adalah beberapa contoh aplikasi yang marak digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran. Guru harus mempersiapkan materi berupa power point atau PPT untuk ditampilkan kepada semua siswa. Guru harus bekerja ekstra untuk membimbing siswa yang belum terbiasa menggunakan aplikasi pembelajaran.


Tantangan belajar daring sangat dirasakan oleh semua guru di tanah air. Yang biasanya harus menulis di papan tulis, digantikan dengan menulis di gawai atau leptop. Pembelajaran yang setiap hari tatap muka, berganti dengan video conference(VC). Teknologi internet telah mendominasi pembelajaran kali ini. Beruntunglah para guru TIK karena sangat dibutuhkan keahliannya untuk  mengawali suksesnya pembelajaran daring ini. Seperti Omjay yang telah sukses membuat kelas menulis gratis sampai bisa menerbitkan buku di masa Virus Corona yang sedang merajalela.


Inovasi pembelajaran sangat diperlukan untuk menarik perhatian siswa. Misalnya sebelum memulai kelas, selingi dulu dengan kuis google form yang menyenangkan. Kuisnya berupa materi yang akan kita ajarkan. Jadi kuis dibagi 2 sesi, seperti preetes dan postes. Dengan begitu anak akan terpancing menjawab pertanyaan dari kuis, lalu mengoreksi jawaban salah di sesi selanjutnya. Kuis semacam ini akan memberikan efek yang bagus untuk melatih keterampilan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan.


Saat kita melakukan VC dengan Siswa, berpakaianlah yang rapi seolah kita mengajar seperti biasanya. Berpenampilan seperti mengajar menunjukkan kita bahwa kita siap unyk mengajar. Kita siap untuk berbagi dan kita siap untuk memenuhi hasrat mereka untuk belajar, meskipun hanya lewat gawai atau laptop. Buatlah pembelajaran yang menyenangkan. Misalnya menuliskan materi yang diterima dan mempostingnya ke media sosial berupa blog. Itu akan terasa menyenangkan. Jadikan blog sebagai alat rekam ajaib yang menemani pembelajaran daring semua siswa. Dengan memposting tulisan di blog, mengajarkan siswa untuk terampil menulis. Lambat laun tulisan akan semakin bagus dan semakin menarik.


Membangun pendidikan di masa Covid adalah suatu era baru yang harus kita taklukan bersama. Tak lepas dari beberapa gangguan teknis dan penghambat belajar seperti gangguan sinyal, tidak punya gawai atau laptop, dan mahalnya kuota, adalah bumbu penyedap dalam kegiatan pembelajaran daring. Namun, peran orang tua sangat penting di sini. Mereka rela membeli kuota supaya anaknya tidak tertinggal kelas. Dengan demikian, kerjasama antara orangtua dan guru dalam mendidik anak menjadi poin penting akan suksesnya Belajar Dari Rumah(BDR).

19 komentar:

  1. Hebat bunda, apresiasi untuk semangatnya 👍👍

    BalasHapus
  2. Semangat bunda.. Tulisannya menarik. Sukses ya

    BalasHapus
  3. Waaw semangat bu aam.. Sukses yaa

    BalasHapus
  4. Waaw semangat bu aam.. Sukses yaa

    BalasHapus
  5. Subhanallah.. Mantap banget..ga,salah buku saya intinya cerita bu aam loh...

    BalasHapus
  6. https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2020/08/inovasi-pembelajaran-daring-yang_11.html

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...