Sabtu, 17 Oktober 2020

Mr.Bams Raja Wordpress

 Resume  Ke 6

Bambang Purwanto, S.Kom, Gr. lebih terkenal dengan sebutan Mr.Bams. Saya mengenalnya saat satu kelas belajar menulis gratis Omjay, gelombang ke 8. Selain itu Mr.Bams dikenal dengan Ayah Salwa(Pendongeng) tahun 2004 dan memiliki komunitas  Taman Baca Masyarakat(TBM) AS Lebakwangi Bandung. Saya lebih akrab memanggil beliau dengan Sebutan Ombams.. Mirip dengan Omjay, Ombudi, dan Ombams jadi disingkat 3O coleteh salah satu peserta gelombang grup 8 tempo lalu. Untuk CV Ombams bisa klik link berikut. https://penamrbams.id/profil-mr-bams/#comment-3269


Ombams, seorang blogger sejati yang memilih blog wordpress, berkat ketekunan dan keuletan Ombams dalam mengelola blog wordpress akhirnya berbuah manis. Ombams pernah membuat buku KISAH GURU NGEBLOG DI WORDPRESS, dan beberapa kali membuat angkatan kelas wordpress yang berbayar. Alhamdulillah, saat ini Ombams sudah membuka kelas gratis untuk lebih mengenalkan blog wordpress pada khalayak umum lainnya. Saya adalah salah satu peserta yang tertarik mengikuti kelas wordpress Ombams. Berikut adalah contoh link blog yang dikelola Ombams.

https://penamrbams.id/contoh-blog-yang-dikelola-mr-bams/

Setelah asyik jalan-jalan ke blog Ombams, peserta diberikan link youtube. berikut linknya.https://youtu.be/PkLTlCHi-sc 

Isi video yang berdurasi 01.31 detik itu menceritakan tentang setiap manusia di muka bumi memiliki potensi dan harus diasah hingga menjadi luar biasa. Kata dan kalimat yang baik menjadi kekuatan dalam menjalani hidup. Banyak orang yang mencari kebahagiaan, tapi bahagia ternyata bisa diciptakan melalui kalimat. Ombams ingin berbagi kebahagiaan dengan menulis  kalimat bahagia di https://penamrbams.id/ Kalimat bahagia adalah kalimat penyemangat yang bisa membuat orang lain bahagia. 

Ombams mengingatkan para peserta untuk rutin mengikuti kelas belajar selama 3x  dalam seminggu. Setelah mengikuti materi, peserta diharapkan mengirimkan tulisannya melalui media blog supaya menjadi alat rekam ajaib. Mengelola blog secara konsisten adalah hal yang harus dilakukan peserta. Ada beberapa jenis blog yang Ombams sampaikan diantaranya adalah blog Wordpress. Ombams pernah mengadakan kelas Wordpress sebanyak 8 angkatan saat masa pandemik dan itu berbayar. Tapi kali ini, Ombams mengadakan kelas wordpress gratis dan saya tertantang untuk mencoba kelas Ombams untuk mengetahui blog wordpress. Kami diberikan link youtube untuk menyimak materi dan mempraktikannya, sedangkan untuk sesi pertanyaan dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 19.00-21.00 WIB. 

Mencoba hal baru adalah hal menarik buat saya. Kelas Wordpress cukup asyik dan lebih banyak fiturnya. Namun untuk pemula seperti saya yang baru kenalan dengan blog Wordpress, saya masih kesulitan menemukan rata kiri kanan, belum ketemu sampai sekarang. Hihihihi sambil tertawa dalam hati. Kalau di blog.spot, saya sudah lancar menggunakan blog karena blogspot adalah blog pertama yang saya kenal dan saya gunakan sampai saat ini. Kalimat bahagia Ombams terekam dalam link https://penamrbams.id/category/kalimat-bahagia-mr-bams/

Ombams sangat aktif dalam dunia Literasi. Misalnya di Gerakan Literasi Nasional (GLN), Gerakan  Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), dan Gerakan Literasi Keluarga (GLK).  Program GLK Ombams terapkan di rumah dengan berbagi Kata Semangat pada hari Sabtu. Memberikan satu kata kepada istri dan anak. Kalau hari Minggu berbagi kalimat bahagia kepada istri dan anak sedangkan hari Jumat biasanya mengecek bacaan Al Quran anak, sebagai orangtua kita harus memperhatikan dan tahu perkembangan mengaji anak kita. Luangkanlah waktu untuk memperhatikan kondisi psikis dan psikologis anak kita. jangan terlalu sibuk bekerja dan lupa pada istri dan perkembangan anak-anak kita. 

Sebelum mengakhiri sesi materi, Ombams mempersilahkan Mariyo Teduh(Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup) untuk menyapa semua peserta kelas menulis. Mariyo Teduh berpesan bahwa saat menulis, lakukan dengan riang gembira dan suka cita. Teruslahlah menulis. Apapun yang bisa ditulis, tulislah ke dalam blog.  Rajin posting tulisan sehingga blognya bisa dinikmati pengunjung di seluruh dunia.  

Ombams memulai ngeblog dari tahun 2008 saat menjadi guru di SMP Taruna Bakti kota Bandung. Ombams  mengajar mata pelajaran TIK dan memberikan ekskul IT. Ekskul IT yang diajarkan adalah belajar membuat blog, tapi awalnnya multiplyn sedangkan ngeblog di Wordpress kira-kira tahun 2012. Kalau buku saat ini baru proses untuk buku solo. Masih ikut menulis dengan buku antologi saja. Ungkap Ombams saat saya mencuri star saat memasuki sesi tanya jawab. 

Penggunaan WordPress dan Blogger/blogspot tergantung dari selera atau kebiasaan. Selama kita terus konsen dengan blog tersebut pasti kita bisa menjalankan blog itu dengan baik. Jadi apapun blognya isinya tetap tulisan yang membuat semua orang terinpirasi.

Literasi yang kita kembangkan dimulai sejak tahun 2013. Kegiatan literasi awalnya menjadikan kebiasaan bagi peserta didik untuk membaca. Kami punya waktu khusus untuk jam literasi setiap harinya diluar jam belajar. Ending literasi yang kami harapakan bagaimana anak-anak memiliki kemampuan membaca, ,menulis dan bicara.  Tidak selamanya bahwa buku menjadi salah satu produk literasi yang harus dibuat. Anak-anak bisa menyimpan karyanya di blog. Simak link video berikut. 

https://youtu.be/ERfPc1VcRho


Sebagai penulis pemula, menulislah dari apa yang kita sukai. Tulisan bisa disimpan dikertas saat punya ide, kemudian dipindahkan di pengolah kata (microsoft word, atau yang lainnya). Kemudian bisa diposting di blog yang kita kelola. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis.

1. Langkah awal menulis di blog WordPress :

a. Kuasai terlebih dahulu bagaimana mengelola blog di WordPress

b. Belajar posting di blog

c. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog


2. Cara mengelola blog

a. Rajin posting

b. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

3. Cara membuat blog jadi menarik

Kuasai tampilan yang disediakan oleh blog, dan harus mau mencoba dan berlatih. Isi blog baiknya apa? Isi sesuai kebutuhan yang kita perlukan dan apa yang kira-kira apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Ketiklah di google dengan  kata kunci Mr. Bams, maka sederet foto dan tulisan akan muncul karena  seringnya menulis Mr. Bams di blog, di web, di instagram, di prodcast.

Mengawali dari multiply.com kemudian pindah ke WordPress lebih banyak mengelola blog yang bukan pribadi. Bahkah blog pribadi yang dibuat ini gara-gara bergabung di kelas Omjay ini yaitu bepenamrbams.wordpress.com pada bulan Maret 2020 , kemudia di bulan April 2020  pindah ke penamrbams.id. Web penamrbams.id masih menggunakan dasbor seperti di wordpress.

Ombams membuat Taman Bacaan sejak tahun 2011 di rumah yang ditempati sejak tahun 2007. Karena Ombams pendongeng, Ombams senang membaca buku, karena butuh banyak referensi. Tahun 2012 mendapatkan amanah ditambahnya rumah, maka rumah pertama sampai sekarang menjadi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) AS Lebakwangi yang melayani pengunjung yang membaca dan meminjam buku secara gratis, sampai sekarang masih terus berjalan.

Berbagi kalimat bahagia di keluarga sudah Ombams lakukan hampir 3 tahun, dan menjadi sumber tulisan saya di IG, weblog dan fb, kemudian Ombams coba bawa ke sekolah menjadi program kalimat bahagia, berikut linknya http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/kalimat-bahagia-siswa-tahun-pelajaran-2019-2020/


Caranya untuk selalu konsisten bisa menulis setiap hari adalah dengan komitmen yang kuat,

Cara agar blog kita bisa ramai dikunjungi pembaca adalah seringlah membagikan postingan kita, atau buatlah tulisan yang menarik yang bisa membuat orang mau membaca. Saya sampai saat ini lebih senang menulis, untuk pengunjung tidak terlalu menjadi hal yang utama, karena kelak tulisan yang saya buat akan menjadi warisan yang dinikmati sepanjang zaman. Boleh kita hidup akan terbatas oleh waktu, akan tetapi karya kita tak akan ada batasnya.

Membuat dan menentukan judul pada sebuah sebuah tulisan  agar tertarik orang membacanya maka buatlah judul yang berbeda dari yang lain, buat judul 5-7 kata. Semoga kita selalu diberikan ide memberikan judul yang menarik. Sebagai tantangan saya akan lihat dari resume yang dibuat sudah mulai memberikan judul yang luar biasa. Buatlah judul resume malam ini yang menarik. 

*Kesimpulan*

1. Menulislah dengan ketulusan. Menulis bukan hanya bertujuan mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.

2. Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan bapak ibu guru. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai. Tidaklah membandingkan blog yang satu dengan yang lain. Pelajari terus blog yang sekarang dipelajari.

3.  Berlatih kemudian menulis dan simpanlah di blog.


Bagi saya yang masih minim ilmu dan gaptek, mencoba hal baru adalah suatu tantangan baru dalam hidup. Bagaimana melewati tantangan tersebut sampai menuju sebuah impian yaitu menjadi blogger ternama, penulis buku, seperti Omjay dan Ombams kita harus terus berlatih dengan menulis setiap hari. luangkan waktu untuk menulis satu artikel dalam sehari maka lama-lama tulisan kita jadi banyak seperti kata pepatah yang Omjay bilang tempo lalu, 

''Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Saya berikan apresiasi yang tinggi dengan memberikan empat jempol kepada semua peserta khususnya gelombang 16 karena antusias peserta sangat aktif sampai luber 18 pertanyaan. saat materi bunda Kanjeng, sampai nambah sejam. Mohon maaf  apabila selama menjadi moderator ada tata dan bahasa yang kurang berkenan atau pertanyaan yang tidak sempat dijawab narasumber karena waktu yang harus memisahkan kita.  Semoga kelak, saya bisa menjadi guru inspiratif yang selalu memberikan inspirasi pada semua peserta untuk terus menulis setiap hari. Ikatlah ilmu dengan tulisan. Tulislah sejarahmu di masa depan yang gemilang. Salam Literasi. 


#Day11AISEIWritingChallange

31 komentar:

  1. Terima kasih untuk 4 jempol nya nanti kalau dicariin sama Adel gmn jempol nya

    BalasHapus
  2. Inspiratif sekali. Setuju. Jadi dirimu sebaik dirimu sendiri ya bu.

    BalasHapus
  3. Semangat yg menggebu sy tangkap dalam resume ini mantaaap

    BalasHapus
  4. Ini benar-benar mantul Bunda Aam...

    BalasHapus
  5. Semanagatnya bukan main dan bukan main-main.

    BalasHapus
  6. Komplit bunda! Segar bacanya gak ada yang terlewatkan semua terangkum dengan baik

    BalasHapus
  7. Suka dengan kesimpulannya..
    BTW..cara ikutan belajar menulis gimana ya bu😁

    BalasHapus
  8. So complete.....keep writing....so inspiring

    BalasHapus
  9. Detail n lengkap.. Cakeeep betul reaumenya bu aam

    BalasHapus
  10. Bu aam mkin hari mkin waaw waaw.. Mantab.. Redume lnjut terus mnulis tiada henti....

    BalasHapus
  11. Sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit,mantap Bu

    BalasHapus
  12. Resumenya mantap, Bu. Penutupnya luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantapp.. Pak Mazmo juga keren selalu buat cara baru dalam membuat resume.. Semangat!!!

      Hapus
  13. Senang membacanya...trims bu Aam

    BalasHapus
  14. Super keren. Enak dibaca. Terima kasih ilmunya Bu Aam

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...