Selasa, 01 Desember 2020

ASAL USUL BRANDING PAK D SUSANTO





Pak D memiliki nama lengkap Susanto, S.Pd. Lahir di kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 29 Juni 1971. 



Menempuh Pendidikan di SDN Srampadan Gombong (1983), SMPN 2 Gombong (1986), SPG Negeri Kebumen (1989), D.2 PGSD FKIP UNS  (1992),  STKIP PGRI Lubuklinggau  (2006), dan S1 PGSD UT Masukan Berbagai Ilmu (2017). 


Pak D, saya mengenal beliau saat gabung di AISEI dan grup belajar menulis Omjay gelombang 15. Saat ada tantangan menjadi kurator buku antologi, JEJAK DIGITAL MOTIVATOR ANDAL,  Pak D ikut andil di dalamnya. 

Saya mengagumi beliau karena Pak D sangat jeli dalam soal penulisan dan tanda baca. Tak hanya itu, saya juga diajari cara menulis kutipan dalam adegan fiksi saat mengikuti tantangan kamis menulis di komunitas Lagerunal. 


Usut punya usut, saya jadi penasaran asal usul sebutan Pak D.  Saya japri WA dan beliau berkenan menjelaskannya secara singkat. 


Pak D adalah anak tertua. Pergi Sumatera karena SK. Berombongan 22 orang, tamatan D2 PGSD FKIP UNS 1993. Menikah relatif dulu sekali, sehingga anak-anak Pak D memanggil teman Pak D dengan sebutan *Om dan Bulik (Tante)*. Akhirnya anak-anak  teman memanggil Pak D juga Pakde artinya Uwak/Paman. 


Tahun 2006 pindah agak ke kota di desa D. Tegalrejo, sebuah perkampungan eks transmigrasi. Kampung di sna dimulai dari A - Z. Misalnya Desa A. Widodo, B. Srikaton, C. nawangsasi, D. Tegalrejo, dst.


Pak D punya teman *senamo* senama, namanya sama dan tinggal di B. Sriakton. Jadi kalau ada undangan alamatnya Susanto D      (Susanto yg tinggal di D). Ya sudah kepalangan digabung saja menjadi Pak D Susanto. Nama Pak D (Pakdhe) sebagai merek juga panggilan bagi anak teman-teman dan ponakan.


D =nama desa.
Pakdhe = Uwak Laki-laki, panggilan anak-anak adik Pak D. 
Jadilah branding Pak D Susanto. pemilik blogsusanto.com


Sangat menarik bukan??? Begitulah asal usul sebutan PAK D SUSANTO. Tulisan ini mengantarkan saya ke tantangan #Day25NovAISEIWritingChallange










 

12 komentar:

  1. Setelah saya tahu makna besan di tulisan sebelumnya, sekarang saya tahu lagi hal yg tak pernah terfikirkan... Saya pikir Pak D ya Pak D, bukan D yg merupakan nama sebuah tempat tinggal..

    Terimakasih Bu Aam...

    BalasHapus
  2. Keren Bu Aam ahli corek nama. D adalah lokasi tinggal Krn nama BPK.susanto TDK satu orang biar mudah tambah nama hoki D SUSANTO. Lanjut

    BalasHapus
  3. Saya sudah nebakndari awal kalaunpak D itu maksudnya uwaknya dalam bahasa Jawa tpai baru tau kalau ada latar belakang lainnya.

    BalasHapus
  4. Pak dhe guru bloggerku,sangat baik,Wellcome sama siapa saja,juga motovator ulung,

    BalasHapus
  5. Pak dhe guru bloggerku,sangat baik,Wellcome sama siapa saja,juga motovator ulung,

    BalasHapus
  6. wah baru tahu kalau pak D itu orang asli gombong kebumen, berarti jawa tengah dong, wah sama dg saya bu dan nama beliau menjadi branding ya

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...