Rabu, 03 Februari 2021

KASIH SAYANG

 

Sumber: Dokumentasi Penulis

Malam tadi hujan turun deras sekali. Saya terlempar dari zoom dan hanya menangkap sedikit pemaparan dari narasumber hebat David Moeljadi, Ph. D. 

Beliau membahas tentang bahasa ibu yang bisa dibagi berdasarkan pohon vaktor berdasarkan subjek, predikat, objek, bahkan keterangan. Seperti pelajaran matematika saja. 

Saat sedang asyik menyimak materi, sayangnya saya tidak bisa ikut full karena terlempar dari zoom.  Saya lalu mengecek grup AISEI dan benar saja ada sebuah tantangan baru di bulan Februari ini. 

Tiap peserta diminta membuat tulisan dengan tema kasih sayang dan hastag yang sudah ditentukan. Boleh menggunakan foto atau tidak, panitia membebaskannya. 

Setiap orang pasti memiliki rasa kasih sayang kepada ibu. Ibu adalah sosok pahlawan yang berjasa dalam hidup saya. 

Ibu yang telah mengandung, melahirkan, membesarkan, mendidik, dan membiayai kuliah saya sampai lulus S1 keguruan. Ibu yang selalu memberikan kasih sayang tanpa mengharapkan balasan. 

Hari ini, genap satu tahun ibu telah meninggalkan saya. Ibu telah tiada dan kini sudah di surga. Ibu mempunyai riwayat jantung dan diabetes. Sempat beberapa kali drop dan harus dilarikan ke RS Umum Adjidharmo Rangkasbitung. 

Sedih rasanya saat ibu koma dan butuh golongan darah B, saya tidak dapat membantu ibu. Saya saat itu sedang palang merah, kakak laki-laki saya telanjur minum obat sakit kepala, kakak perempuan saya beda golongan darah O. Untungnya ada tetangga dan kakak ipar saya yang darahnya cocok. Dokter dan suster dengan sigap melakukan transfusi darah. 

Segala cara telah dilakukan untuk kesembuhan ibu. Sayangnya tuhan punya rencana lain. Ibu akhirnya menghadap ilahi dan meninggalkan kami semua. 

Tak terasa waktu telah berlalu. Hari ini rencananya mau ada acara satu tahun ibu. Biasanya kami membuat kotak makanan lengkap dengan isinya, sekaligus kue dan minuman yang nantinya di doakan dan dibagikan lagi ke tetangga. Tradisi di kampung saya ini namanya "haol/ ider tahun." 

Meskipun ibu sudah tak ada di sini namun kasih sayang anak kepada ibu takkan pernah padam. Bagiku ibu bagaikan sang surya, yang selalu menyinari dunia. 

I Love You, Mom..


#thepowerofkepepet
#pikir15menit
#nulis15menit
#kasihsayang
#FebAISEIWritingChallenge
 

6 komentar:

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...