RESUME KE 8
MENGENAL PROFIL NORALIA PURWA YUNITA, M.Pd.
Perempuan bernama lengkap Noralia Purwa Yunita, M.Pd ini lahir di Kudus, 12 Juni 1989. Dia putra pertama dari dua bersaudara dengan ayah bernama Ali Achmadi, S.Pd dan ibu Noor Fatkhiyah, S.Pd.SD.
Penulis
pernah mengambil kuliah program sarjana di Univeritas Negeri Semarang yang
kemudian dilanjuntuk an program magister pendidikan di Universitas Negeri
Semarang. Saat ini penulis bekerja sebagai pengajar di SMP Negeri 8 Semarang.
Selain mengajar, penulis juga aktif menulis di blog dan tergabung dalam
komunitas sejuta guru ngeblog, penulis baru di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, salah satu tim admin di
website guru penggerak, anggota komunitas
koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran
Prakarya dan
IPA, serta Pembimbing ekstrakurikuler KIR SMP.
Prestasi
yang pernah diraih penulis adalah Juara Harapan I lomba karya tulis di
Universitas Negeri Semarang, program pendanaan Dinas Provinsi Jawa Tengah pada
program fasilitasi karya ilmiah tingkat Provinsi Jawa Tengah, Program pendanaan
LPPM pada usulan program pengabdian masyarakat, program pendanaan DIKTI pada
program kreativitas mahasiswa tingkat nasional, pendanaan program Student Grand
Hibah Im Here DIKTI,
serta sebagai pembimbing yang mengantarkan tim menjadi juara I lomba karya
tulis ilmiah SMA tingkat Jawa tengah.
Karya yang sudah dibuat meliputi bahan ajar Kimia SMA,
buku antologi "Menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah",
buku seri ekoji academy "Digital Mindset", buku " jurus jitu
menulis dan berprestasi", buku antologi " Kisah Inspiratif Sang
Guru", dan beberapa artikel yang telah dimuat di media daring dan cetak.
Saat ini sedang tahap penyelesaian naskah buku yang kedua untuk seri ekoji
academy "gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game",
naskah antologi bersama siswa " Belajar dari Covid-19 " dan tahap
finishing naskah buku " Kiat praktis menulis modul berbasis riset "
yang merupakan pengubahan tesis menjadi buku.
Penulis
dapat dihubungi melalui email : noraliapurwa@gmail.com atau pada nomor whatsapp ; 087786578494 dan instagram :
noralia_needtha.
Malam ini adalah
pertemuan ke 8 di gelombang ke 16 kelas belajar menulis. Seperti biasanya Omjay
membuka kelas WAG ini tepat pukul 19.00 WIB. Moderator yang bertugas malam ini
adalah Bambang Purwanto, S.Kom, Gr. yang telah
menjadi narasumber pada hari Jumat, 16 Oktober 2020. Jadi teringat dulu saat di
kelas belajar menulis gelombang 8, Mr. Bams adalah moderator handal sebelum
adanya ibu Fatimah dari Aceh.
Narasumber kali ini masih dari alumni gelombang 8 kelas belajar menulis Omjay Via WAG yaitu Ibu Noralia Purwa Yunita, M.Pd. banyak sekali orang-orang hebat alumni gelombang ke 8 ini. Saya bangga pernah satu kelas meskipun tak naik kelas karena tertinggal banyak resume. Saat saya satu kelompok dengan ibu Nora, kami sepakat membuat buku antologi gelombang 8 yang berjudul KISAH INSPIRATIF SANG GURU. Bu Nora adalah editornya, dan Cak Inin adalah kuratornya.
Bu Nora juga ikut buku
antologi bersama Omjay, dkk. Berikut cover bukunya.
Bu Nora
juga sukses ikut program buku seri ekoji academy yang merupakan
buku hasil kolaborasi dengan Prof. Eko Indrajit, beliau merupakan salah satu
narasumber di gelombang 8. Ketika itu beliau menawarkan kepada kami para
peserta untuk menulis buku bersama. Tema mengambil dari channel YouTube beliau.
Namun, target penyelesaian adalah 1 MINGGU.Tidak banyak yang mengambil
tantangan ini. Hanya 11 peserta yang mampu terbit bukunya setelah berjuang
selama 1 bulan proses penulisan, bimbingan dan editing. Akhirnya buku kami ber
11 dapat terbit di penerbit mayor Andi offset. Pencapaian awal yang luar biasa,
pertama kalinya menulis langsung dapat terbit di penerbit mayor. “Bisa dikatakan
wabah ini menjadi berkah” ucap bu Nora tadi malam.
Selain buku, ada
beberapa artikel yang juga terbit di media cetak. Artikel kedua di majalah pendidikan
geliat gemilang Bandung.Tentunya karya saya ini tidak lepas dari tangan dingin
om Jay karena saya dapat menghasilkan beberapa karya berkat ikut pelatihan ini
juga. Dulu di gelombang 8 dan Alhamdulillah sekarang masih aktif berkarya juga.
Ada 3 buku yang sedang proses pembuatan.Dimuat di majalah pendidikan aksioma. Buku solo berjudul kiat menulis modul berbasis riset hasil dari pengubahan tesis menjadi bukuBuku kedua seri ekoji academy kolaborasi dengan prof Eko berjudul Gamifikasi, belajar menyenangkan seasyik bermain game dan buku antologi dengan siswa berjudul aku dan corona. Semuanya sedang dalam proses pengerjaan, bu Nora berharap, semoga sebelum akhir tahun dapat terselesaikan. Amin
Tentunya banyak kendala
yang saya temui selama proses pengerjaan beberapa buku tersebutApalagi di masa
Pandemi seperti sekarang, bapak ibu juga merasakan bagaimana kita lebih
disibukkan dengan segala jenis kegiatan pembelajaran, karena saya merasa daring
jauh lebih banyak persiapan daripada tatap muka
Banyaknya kegiatan menjadi
kendala utama bagi saya. Skala prioritas menjadi pilihan saya agar semua
pekerjaan terselesaikan.Malas dan jenuh menjadi masalah kedua, dan hingga
sekarang pun masih menghinggapi. Karena tipikal orang yang jenuh jika
mengerjakan kegiatan yang sama berulang. Akhirnya jika penyakit itu
menghinggapi, saya beralih ke kegiatan lain sebagai refreshing. Biasanya nonton
film, jika tidak baca novel online atau apapunyang membuat saya nyaman. Jika
baterai semangat sudah penuh, langsung tancap gas untuk kembali berkarya. Tetapi
jangan biarkan keadaan ini berlarut2, cukup 1-2 hari untuk bersantai, lalu
kembali on berkarya. Krisis ide menjadi kendala ketiga saya. Jika sudah seperti
itu saya terapkan jurus bapak Akbar Zainuddin, karena segala sesuatu yang kita
rasa, kita lihat dapat dijadikan ideContohnya, ketika kita nonton film, mungkin
ada sesuatu yang kita rasakan setelah menonton acara tersebut, ini dapat
dijadikan bahan tulisan. Kita rekreasi, juga bisa dijadikan bahan tulisan. Kita
bisa ulas bagaimana indahnya tempat tersebut. Ini beberapa contoh tulisan bu Nora ketika menerapkan jurus pak Akbar Zainuddin
https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/eksotika-pantai-bandengan-jepara.html
Tulisan ketika jalan2
https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/05/memahami-dunia-anak-lewat-tontonan.html
Ketika menonton acara
TV
https://noraliapurwa.blogspot.com/2020/06/menjadi-orang-tua-kedua.html
Ini curhatan Bu Nora ketika
merasakan beratnya menjadi wali kelas di masa pandemi. Intinya, apapun yang
kita rasakan dan pikirkan, dapat diubah menjadi sebuah tulisan, karena Bu Nora yakin,
tidak ada yang tidak bisa menulis,
karena menulis bagi bu Nora sama dengan berbicara. Bedanya hanya dituangkan
lewat tulisan.
Lalu kendala berikutnya
masalah perbendaharaan diksi. Jika sudah mentok kosa kata, biasanya membaca
artikel orang lain,atau membaca novel. Karya apapun dibaca karena dengan banyak
membaca, akan memperkaya diksi kita. Terakhir, biasanya kita takut menulis
karena takut salah. Hal ini pun dialami
Bu Nora ketika di awal bergabung di grup
menulis dengan om Jay, tetapi om Jay meyakinkan bahwa tulis saja dulu apa yang
kita pikirkan, jangan permasalahkan EYD atau kaidah kebahasaan yang lain. Cukup
tulis hingga selesai.Jika sudah,baca berulang lalu lakukan editing sesuai
kaidah. Jika dari awal kita sudah memikirkan EYD dan yang lain, maka tidak akan
terwujud tulisan. Alhamdulillah, ketika mempraktekkannya, akhirnya tulisan
dapat mengalir sendiri.
Oh ya, sekaligus
promosi, semua kiat tentang penulisan bagi penulis pemula, dapat dibaca di buku
ini.info pemesanan dapat japri saya. Insyaallah buku ini sangat bermanfaat
karena hasil materi dari narasumber hebat juga, seperti pak Akbar Zainuddin,
pak Munif Chatib, om Jay, prof Eko Indrajit, dan lain sebagainya. Buku resume
Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi diterbitkan di Penerbit YPTD (YAYASAN
PENERBIT THAMRIN DAHLAN).
Untuk buku seri ekoji academy merupakan buku hasil kolaborasi dengan prof Eko Indrajit, beliau merupakan salah satu narasumber di gelombang 8. Semoga nanti gelombang 16 juga akan bertemu dengan prof Eko juga. Ketika itu beliau menawarkan kepada kami para peserta untuk menulis buku bersama. Tema mengambil dari channel YouTube beliau. Namun, target penyelesaian adalah 1 MINGGU. Tidak banyak yang mengambil tantangan ini. Hanya 11 peserta yang mampu terbit bukunya setelah berjuang selama 1 bulan proses penulisan, bimbingan dan editing. Akhirnya buku kami ber 11 dapat terbit di penerbit mayor Andi offset. Pencapaian awal yang luar biasa menurut saya, pertama kalinya menulis langsung dapat terbit di penerbit mayor.
Lalu untuk pembelajaran
kimia yang menyenangkan, cobalah menggunakan Project Based Learning. Gunakan bahan-bahan
yang ada di sekitar siswa. Misal untuk reaksi redoks, siswa diajak untuk
membuat proses fermentasi, koloid dapat membuat es krim,dan lain-lain.
Penggunaan laboratorium
virtual juga menyenangkan.ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Crocodile
chemistry contohnya, ibu dapat melakukan kegiatan praktikum meskipun secara
Maya. Anak2 pasti suka kegiatan praktek ini
Untuk kiat menulis adalah NIAT,
PAKSA, MAU. Niat untuk mau menulis harus ada, tentunya harus dipaksa juga karena
jika hanya ada niat tetapi tidak ada kemauan kuat alias pemaksaan, maka kata
MAU tidak akan terwujud.
Bagi yang gemar
membaca, pasti sangat penting keberadaan buku ini. Karena kalau sudah suka,
pasti akan dicari berapapun harganya, tetapi jika tidak suka ya sudah. BU Nora suka
membaca secara online dan juga buku fisik.keduanya terasa istimewa. Jika buku
fisik mungkin lebih semakin banyak tambahan koleksi buku, selain itu anggota
keluarga lain juga dapat ikut membaca karena tidak semua orang nyaman membaca
online.
Buku merupakan bukti sejarah.
Jika kelak sudah meninggal, melalui buku ini nama kita bisa diingat.karyamu masih dapat dinikmati
dan hidup meskipun raga sudah tidak ada. Salah satu upaya meningkatkan
keterampilan adalah dengan banyak membaca tentunya, karena kegiatan menulis
selalu beriringan dengan membaca. Fokuskan ingin membuat karya apa dulu, apakah
itu fiksi atau non fiksi. Jika ingin menulis karya fiksi seperti novel, cerpen,
dll, perbanyak membaca buku jenis tersebut. Nantinya akan keluar ide dari
kegiatan membaca. Begitu pun juga untuk penulisan karya non-fiksi.tentukan tema
yang akan ditulis, cari referensi baik dari buku sejenis atau jurnal ilmiah,
lalu baca, kemudian tulis.
Untuk pembagian waktu
saya, pagi mengajar hingga siang atau sore. Jika ada waktu luang disela
mengajar dan tidak ada kegiatan atau persiapan untuk KBM berikutnya sudah selesai,
akan lanjut menulis. Malam waktu dengan keluarga hingga anak-anak tertidur, selanjutnya fokuskan untuk
menyelesaikan penulisan, persiapan KBM atau tugas lain rentang waktu jam 9-12
malam. Kadang jika sudah lelah, tidur bareng dengan anak-anak, namun nantinya
jam 2 pagi hingga subuh bangun untuk menyelesaikan apa yang belum dikerjakan
malam hari.Tentunya pekerjaan rumah tangga tetap menjadi prioritas di sela-sela penyelesaian segala
tugas, karena sebagai ibu dan istri itu adalah tugas utama. Tapi alhamdulillah
ada bantuan suami di belakangnya.
Untuk tips agar tulisan
cepat berhasil hanya satu. FOKUS pada tema itu hingga selesai. Berkolaborasi dengan
siswa yang benar-benar menyukai bidang penulisan, dan motivasi Bu Nora adalah
ketika tulisan mereka selesai, akan dibukukan karya itu, sehingga masih muda
sudah punya buku sendiri. Namun,untuk siswa lain, masih dalam proses untuk bisa
diajak menulis. Karena memang kegiatan menulis tidak semua orang mau melakukannya. Akhirnya siswa diberikan
kegiatan untuk literasi, baik itu literasi buku, video, film, atau yang lain.
Yang terpenting siswa tersebut kaya akan info terkini dulu.
Tips menulis ala bu
Nora:
1. Untuk swasunting, proses
yang lebih lama dibandingkan menulis, karena selain editing EYD, menghubungkan
antar kalimat agar pas, membuat kalimat agar renyah dibaca memang tidak mudah. Bacalah
sendiri berulang-ulang, atau minta tolong dibaca rekan guru lain atau rekan
dengan profesi lain. Nantinya pasti ada
banyak kekurangan yang ditemukan.
2. Untuk penulisan buku
rata-rata 1 bulan, buku sudah siap masuk penerbit. Jangan lama-lama, nanti
bosen malah
3. Menaklukkan rasa
malas dan jenuh itu masalah utama
4. Buku dengan prof
Eko, karena 1 minggu wajib selesai semua bab yang ada di outline
5. Outline buku terdiri
dari 5W+1H, atau bisa juga 2W +1H.
Menggunakan pembelajaran
dengan lingkungan sekitar dapat diterapkan. Misal untuk mapel sains, anak dapat
diberikan modul yang didalamnya ada kegiatan saintifik. Seperti belajar materi
ekosistem dari sungai, sawah, ladang atau tempat lain. Anak pasti suka
melakukan pembelajaran jika berbarengan dengan kegiatan eksplorasi atau mungkin
diberikan proyek membuat suatu karya yang bahannya dapat ditemukan di sekitar.
Misal belajar proses gunung api meletus, anak diberikan langkah pembuatan karya
tentang gunung api meletus, pasti mereka suka. Karena pada dasarnya siswa akan
suka dengan pembelajaran yang hands on
daripada minds on.
Yang terpenting dari
penulisan buku adalah outline. Tuliskan dulu outline nya. Outline menjawab
pertanyaan what yaitu apa, why yaitu mengapa bisa berarti pentingnya, manfaat,
tujuan dan how yaitu bagaimana bisa berarti aplikasi, penerapan, bagaimana
cara/model/metode dan lain sebagainya. Jika kita sudah punya outline, pastikan
tulisan tidak keluar dari outline itu.What dan why untuk bab awal (pembuka).How
untuk bab isi
Biasanya diberikan contoh penerapan
untuk bab terakhir (penutup)
Tips memanage waktu
agar konsisten menulis:
Buatlah Skala prioritas. Pagi fokuskan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah, termasuk didalamnya
Persiapan materi, perangkat, penilaian tugas dsb. Materi biasanya buat VIDEO dan
upload di channel YouTube. Menulis fokuskan ke malam hari setelah semua
anak-anak tidur. Jadi ketika anak-anak masih on, tidak memegang tugas apapun.
Karena bagi keluarga yang utama.jangan sampai waktu dengan mereka berkurang
karena kegiatan/ pekerjaan. Target menulis wajib 1 bulan selesai agar tidak bosan .30 hari itu bagi ke dalam bab2
yang sudah dituliskan di outline. Misal punya 5 bab, berarti dalam waktu 6 hari
harus selesai 1 bab ditambah editing ,jadi 30 hari selesai 5 bab.
https://www.youtube.com/channel/UCLwarYhfDygjvFIpwLZJA_w
Ini adalah Channel
YouTube bu Nora, semua karya siswa dan materi mengajar terekam di sana.
Tips membuat blog jadi
lebih menarik adalah jika di blogger, dapat memilih menu tema, nanti akan ada
banyak tema yang ditawarkan. Untuk jenis tulisan dan tata letak, akan mengikuti
tema yang dipilih secara otomatis.
Cara menembus
redaksi dengan menulis artikel di koran/
majalah:
Tulis tema yang sedang hangat dibicarakan. Ikuti gaya selingkung majalah atau koran yang akan dituju. tulis sesuai dengan EYD yang sesuai, sertakan beberapa data akan lebih bagus.
Perkuliahan
malam ini ditutup dengan kalimat:
“Semua
orang pasti dapat menulis. Karena menulis sama dengan berbicara. Jika berbicara
saja kita lancar, mengapa tidak dengan menulis? Berkarya ketika waktu luang itu
biasa, namun berkarya di tengah kesibukan yang luar biasa, itu baru istimewa”.
Semoga teman-teman peserta selau semangat dalam mengerjakan tugas resume dengan baik. Semangat terus ya..
Terim semoga para peserta semakin semangat dalam menulis resume sampai menerbitkan buku! Semangat!!!
Wow lengkap sekali resumenya ga ada yg terlewat, mantaaap neng...
BalasHapusSiap bunda. Semangatt
BalasHapus