Jumat, 02 Oktober 2020

MENERBITKAN BUKU DARI HASIL BLOG BERSAMA OMJAY




Malam ini narasumber yang dijadwalkan adalah Om Budiman. Namun karena beliau tidak dapat dihubungi, Omjay mengambil alih kelas  sebagai narasumber pengganti Ombud. Omjay memiliki nama asli Wijaya Kusumah, M.Pd. Namun beliau lebih akrab dipanggil Omjay. Begitulah kami menyapanya.

Bagi kami yang para peserta, narasumber yang hadir semuanya adalah orang-orang hebat. Apalagi kalau narasumbernya Omjay. Ini adalah kesempatan besar bagi para peserta untuk mengetahui tujuan dibuatnya kelas belajar menulis gratis ini. 

Kuliah Belajar Menulis Gratis di buat Omjay sejak bulan Januari 2020. Saat itu Virus Corona sedang merebak di Indonesia. Saat itu sekolah ditutup , dan diganti dengan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Belajar Dari Rumah (BDR). Lahirlah kuliah WA gratis ini dari gelombang 1 sampai sekarang ada 15 gelombang. Saya adalah salah satu peserta dari gelombang 12. 



Sebagaimana kuliah pada umumnya, peserta yang ingin lulus dan mendapat sertifikat dari PGRI harus rutin mengirimkan resume dan mengunggahnya di blog masing-masing.

Tema materi kuliah malam ini adalah membuat buku dari hasil ngeblog. Omjay yang jadi pemateri pengganti akan berbagi kisah tentang 4 bukunya yang terbit karena menulis di blog. Yup, inilah salah satu rahasia Omjay bisa menerbitkan buku. Rutin menulis di blog, kemudian kumpulkan dan buatlah menjadi sebuah buku. Anda akan merasakan keajaiabannya. Dari catatan harian di blog menjelma menjadi buku

1. Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger (2020)

Buku ini diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Dikerjakan dengan sangat teliti oleh Pak Sukarno selaku editor dari kota Semarang. Tulisan-tulisan dalam buku ini diambil dari kisah nyata omjay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs. Sebuah blog keroyokan yg dikelola oleh kompas group

2. Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa (2020)

Buku ini diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Merupakan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat buku ini, omjay mendapatkan hadiah berangkat ke negeri Panda untuk kursus singkat belajar STEAM di China University of Mining and Technology (CUMT).



Ada 50 org guru SD dan SMP dikirimkan ke negeri tirai bambu sebagai guru berdedikasi dan berprestasi oleh kemdikbud RI pada bulan Maret 2010. Surat dari kemdikbud selalu omjay simpan, sebagai surat berharga yang tak mungkin terlupakan



Mulanya, Omjay tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN. Namun, setelah belajar kepada Pak Lukman di Jawa Timur secara online, Omjay menjadi tahu ilmunya. Taraaa ... lewat tangan dingin Bu Hati di Bandung sang editor, buku hasil PTK tersebut akhirnya terbit dan banyak yang memesannya, Alhamdulillah..


3. Blogger Ternama (2017)

Saya sudah beli buku Bloger Ternama dari Omjay. Buku ini adalah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku terbitan Camp Pustaka ini berisi tentang kisah nyata Omjay menulis di blog dan menjadi blogger ternama. Kemudian diundang makan siang di istana negara oleh Presiden Jokowi.

Gemetar juga kaki ini dan sempat tak bisa berkata apa-apa ketika harus bicara di depan preside republik Indonesia.

Buku Blogger Ternama ini tidak mengajari guru bagaimana cara membuat blog. Sebab, cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google dan youtube. Lewat buku ini Omjay justru mengajak kawan-kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Sampai sekarang royalty bukunya masih omjay terima dari penerbit Camp Pustaka.

Blogger Ternama berkisah tentang bagaimana seorang guru yang biasa-biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Berkat rajin menulis di blog, Omjay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di istana negara bersama Presiden Jokowi. Bahkan Omjay bisa berbulan madu gratis ke Singapura gara-gara menulis di blog. Wow! Inilah kisah nyata omjay sebagai seorang blogger.

"Omjay Bukan mau menularkan virus corona, tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru bisa menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia." Itulah harapan Omjay melalui buku ini. Kalau mau pesan boleh, masih ada stok bukunya di rumah hehehe (promosi dikit hehehe).

4. Buku Menulislah Setiap Hari (2012)




Inilah buku pertama Omjay yang diterbitkan oleh penerbit mayor (Penerbit Indeks Jakarta). Seringnya ditolak oleh penerbit mayor, tak membuat Omjay putus asa. Perlu waktu 3 tahun untuk menerbitkan buku ini. Mbak Abdah khan selalu memtivasi saya untuk menerbitkan bukunya.

Berkat jasa Mbak Abdah Khan, buku *"Menulislah Setiap Hari"* menjadi enak dan renyah dibaca. Kemudian, berkat tangan dingin Mas Yuan Acita (editor), buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Dari hasil penjualan buku tersebut, Omjay bisa membeli rumah baru yang cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja, Garut, Jawa Barat.

Omjay lalu memberikan soft file buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi secara GRATIS. Simak link berikut untuk membacanya.

https://drive.google.com/file/d/1nSWLapJ3YFBE_vhMIi2V6WlGzm2PgTtJ/view?usp=drivesdk 


Omjay sangat senang sekali melihat kawan kawan guru mulai menerbitkan bukunya sendiri. Inilah buah dari belajar menulis dan menerbitkan buku. 



Siapa yang fokus pasti akan lulus dan mendapatkan sertifikat 40 jam. Berikut Foto sertifikat Bu Mila.


Buku karya saya juga sedang proses terbit. 




Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini terkadang kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi oleh guru yang menulis hanya untuk kenaikan pangkat.

Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain seperti editor yang dapat menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu, nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog.



Diminta atau tidak diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif. Jika sudah begitu, pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta. Hal itulah yang Omjay lakukan selama 11 tahun ini. Orang tahu Omjay dari tulisannya yang tersebar di blog. 

Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan menghasilkan padi yang bagus kalau prosesnya bagus. Luruskanlah niat menerbitkan buku. Bukan sekedar menambah poin untuk kenaikan pangkat saja. Melainkan berbagi ilmu dan pengalaman. Ingat, berbagi itu tidak pernah membuat kita rugi.

 *Pentingnya Kolaborasi Penulis-Editor*

Di akhir materi, Omjay mengingatkan bahwa kolaborasi itu penting. Keempat buku yang Omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Jadi bekerjasamalah dengan editor buku supaya bukunya terbit, karena kita tak bisa bekerja sendiri.

SESI TANYA JAWAB

ENDARTININGTYAS REMBANG:Tema apa yang paling menarik minat Om Jay?

Om Jay: Tema yg omjay sukai dan kuasai

Bu Tini Simpati: Ijin bertanya Om legend...

Bagaimana mensiasati agar resume renyah bahasanya biar enak dibaca?

Om Jay: Banyak baca resume orang lain

Apakah yg Omjay tanyakan saat bertemu presiden.?

Jika ada,Apa yang Omjay sampaikan saat berbicara dihadapan Bapak Presiden Jokowi? Kemudian apa jawaban Bapak Presiden saat itu?Terimakasih OmJay.Sehat terus yaaa

Om Jay: Saya hanya sampaikan agar ada akses internet cepat ke sekolah saking gugupnya, bleng hahhaa

AAM NURHASANAH: Bagaimana kiat khusus agar tetap produktif menulis di blog hingga sampai setia 13tahun? 

OmJay: Banyak baca karya tulis orang lain. Ibarat teko kalau tidak diisi air pasti kosong. Begitu juga seorang penulis. Otaknya harus diisi dengan tulisan banyak orang.

TEACHER ADI: Bagaimana tips menjadi seorang penulis yang inspiratif omjay?

Omjay: Sering beli buku dan jangan pelit beli buku



Kelas belajar menulis bersama Omjay telah melahirkan puluhan penulis pemula yang hebat serta dapat diperhitungkan yang sukses menerbitkan buku di penerbit indie. Ada juga peserta yang lebih dari 10 orang dan bukunya lolos seleksi penerbit mayor PT Adi Offset. Terimakasih Omjay atas ilmunya. Semoga kita semua tetap konsisten menulis setiap hari dan sukses berjamaah dalam menerbitkan buku.  Aminn..



12 komentar:

  1. hebat resumenya detail ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. sukses buat bu aam, semoga bisa cepat menerbitkan bukunya

    BalasHapus
  3. Penulis aktif. Bu aam kerenn๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  4. Penulis aktif. Bu aam kerenn๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  5. Gercepnya Neng Aam selalu the first menuliskan resume, luarbiasa semangatnya kagak pernah surut... sukses ya say..

    BalasHapus
  6. Tulisannya bu aam...menggetarkan jiwa dan lancar untuk dibaca...

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...