Kamis, 16 September 2021

BUKU BUKA BAKU

Flyer Wajib Kamis Menulis

Kamis ini ada 4 kegiatan yang saya ikuti. Karena itu saya sedikit terlambat mengirimkan tantangan Kamis Menulis. 
 
Pertama, mengikuti kelas Adel outing ke Sisi Kali Ciberang, untuk mengetahui alam sekitar desa. 


Belajar mengenal alam sekitar


Kegiatan kedua, memilih pemenang tulisan Mayor Nani yang mewajibkan peserta untuk dijadikan juara 1,2, dan 3. Simak link berikut. https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2021/09/inspirasi-menulis-dari-sahabat.html

Ketiga adalah mengisi kelas Belajar Bicara (Publik speaking telat). Saya bertugas menggantikan Pak Indra karena beliau berhalangan tugas. 
 
Flyer Public Speaking PGRI


 


Keempat adalah tantangan Kamis Menulis di Cakrawala Guru Blogger Nasional (Lagerunal).  Kali ini, terasa amat menantang. Program ini salah satu program Lagerunal yang paling di nanti oleh para peserta. 

Kita harus menaklukkan tantangan tiga kata yang sebelumnya diundi oleh Pak Sudomo, S.Pt. Selaku penanggungjawab program Kamis Menulis. 

Minggu yang lalu, peserta diminta membuat list berupa daftar tiga kata, yang dikumpulkan menjadi undian putaran. 
WAG Lagerunal


Setelah ada 21 list daftar kata yang diusulkan para peserta, Besan Mo memutar spin. Berikut adalah proses undiannya. 


Keluarlah tiga kata Buku Buka Baku. Sempat mengerutkan dahi, apakah bisa menyelesaikan challenge kali ini. Bismillah, meskipun baru selesai mengisi kelas, saya berusaha menuntaskan setiap tantangan. 

Ide tulisan ini muncul saat memiliki pengalaman menjadi editor buku baik fiksi maupun nonfiksi

Naskah pertama yang saya edit adalah naskah novel Juminah dengan judul Seindah Takdir Cinta. 
 
Novel Juminah
 
 
Saat buka WA, saya kaget sekali ketika Juminah meminta saya mengedit novel yang sudah ia buat selama di Arab Saudi. Saya kaget sekali, merasa diri masih fakir ilmu dan tidak PD. Namun, saya tak kuasa menolak. Akhirnya saya garaplah naskah Juminah sampai 300 halaman. 

Pengalaman pertama begitu menggoda, selanjutnya Bu Kanjeng meminta saya mengedit buku antologi Haru Biru Hijrah Meraih Berkah. Saat itu kuratornya Bapak Suparno yang sempat terpapar Corona dan harus menjalani isolasi mandiri. 
Dokumentasi Penulis
 
Setelah Novel Juminah dan buku antologi Haru Biru Hijrah, ada beberapa peserta kelas Om Jay yang naskahnya diedit oleh saya seperti naskah buku Pak Khoirul Anwar, Bu Endah Hamidah, Bu Lisna Nasaru, buku best practice Kepala Sekolah SMP Subrayon Tiga, Pantun Merdeka, dan antologi Tim F1 Literasi, Solusi Saat Pandemi.

Hal yang saya lakukan saat mengedit naskah teman-teman adalah dengan cara membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) online versi 5. Di dalam naskah yang saya garap, banyak peserta yang tidak menggunakan kata baku. Dalam KBBI dituliskan kata yang sesuai kitab Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Hal ini sudah menjakdi lumrah bagi seorang editor untuk memperhatikan setiap kata yang lahir dari goresan para penulis. 

Editor harus jeli melihat penggunaan kalimat dalam setiap paragraf. Apakah kata tersebut sudah baku atau belum? Apakah naskah sudah sesuai PUEBI? Apakah naskah kalimatnya sudah efektif atau belum? Apakah naskah peserta ada sedikit rancu atau kurang jelas, maka kita harus menghubungi Si Penulisnya. 

Pengalaman adalah guru terbaik. Bukalah jendela dunia dengan menulis dan membaca. Jangan takut tulisan jelek karena bakat itu harus diasah. Teruslah menulis hingga bukumu berbuah manis. 

#KamisMenulis
#16 September 2021










14 komentar:

  1. Cepat dan kena sasaran. Salut. Tantangan ganya dikerjakan dalam waktu yang sangat singkat
    "Teruslah menulis hingga bukumu berbuah manis." Bukalah buku jika ingin mencari ilmu. Tulislah buku dengan bahasa yang baku. Semangat terus, Bu Aam.

    BalasHapus
  2. Luar biasa kegiatannya Bu Aam. Barakallah semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  3. Keren Bu Aam. Tetap menulis dalam kesibukan. Sampai terbit buku. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Bu Suyati. Ayo menulis sesibuk apapun kerjaan kita.

      Hapus
  4. Kalau sudah banyak menulis buku, memang akan punya ilmu lebih jika menjadi editor buku

    BalasHapus
  5. Semestinya penulis adalah editor juga. Editor lapis ke-1 hehe.. keren seabreg kesibukan masih sempat menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Ambu. Pengalaman kurator akhirnya membuat saya menjadi editor. Bismillah, semangat terus!

      Hapus
  6. Luar biasa bu Aam. Ditengah kesibukannya tetap menulis.

    BalasHapus
  7. Makasih nasehTnya lewat tulisan Bu...

    BalasHapus

Challenge Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil”

  Sumber: www.wijayalabs.com Resensi Buku “ Kisah Serdadu-serdadu Kecil” Hai sobat Lage, hari ini saya mendapat kejutan buku karena suda...